MTs Al Qur'an al amanah | Ful Day & Boarding School

Laporan Kegiatan Camping MTs Al-Qur'an Alamanah

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

Pada tanggal 22-24 Februari 2017, MTs Al-Qur'an Alamanah melaksanakan kegiatan camping. Kegiatan kali ini dipisahkan antara ikhwan dan akhwat baik waktu maupun tempat pelaksanaannya. Untuk Ikhwan diadakan pada tanggal 22-23 Februari 2017 di Bukit Geger Bintang Matahari, Gunung Putri, sedangkan untuk akhwat diadakan di Bumi Perkemahan, Cikole.

Camping Ikhwan

Pagi hari, murid ikhwan berkumpul di sekolah untuk kemudian bersama-sama hiking ke lokasi berkemah. Perjalanan ditempuh kurang lebih satu setengah jam, dengan medan yang menanjak. Sesampainya di atas bukit kami beristirahat sejenak kemudian bersiap mendirikan tenda. Ketika itu hujan turun dengan deras sehingga kami baru bisa shalat dhuhur berjama'ah sekitar pukul 12.30.

Setelah shalat, kami makan siang. Untuk makan siang, kami dimasakkan makanan oleh tim dapur sekolah, sedangkan untuk makan malam kami harus menyiapkan makan malam sendiri. Pengalaman memasak dengan kayu bakar merupakan pengalaman yang tidak kami dapat kecuali ketika sedang berkemah. Setelah menjama' shalat maghrib dan isya karena hujan, kami pun beristirahat hingga keesokan harinya.

Paginya kami membereskan tenda kemudian berfoto sambil menikmati sunrise, setelah itu kami sarapan kemudian jalan-jalan ke hutan pinus dan melihat benteng-benteng bekas peninggalan Belanda. Menjelang shalat dhuhur, kami bersiap shalat di Masjid Jami Adang, selesai shalat kami menunggu makan siang kemudian pulang sekitar pukul 13.00.

Camping Akhwat

Pada tanggal 23-24 Februari 2017, giliran murid akhwat yang pergi berkemah. Kami berkumpul pagi hari di sekolah untuk bersiap-siap hiking. Alhamdulillah, tidak seperti murid ikhwan, kami tidak harus membawa beban barang bawaan di punggung kami. Meskipun rute yang ditempuh ke Buper - Cikole memutar dan menghabiskan kurang lebih dua jam perjalanan, namun saat sampai di lokasi perkemahan lelah kami terobati juga karena udara sangat sejuk dan pepohonan sangat banyak dan asri.

Kami dibantu para guru mendirikan tenda, Alhamdulillah saat hujan turun siang itu, tenda sudah selesai didirikan dan kami bisa berteduh di dalam tenda. Selesai shalat dhuhur, kami makan siang dengan makanan yang dimasak oleh tim dapur sekolah, juga makan snack yang dikirim oleh tim dapur. Selesai makan siang, kami bersiap untuk memasak makan malam, ketika tiba waktu shalat, kami shalat bersama-sama. Saat makan malam adalah saat yang kami tunggu-tunggu karena kami memasak makan malam ini dengan penuh perjuangan. Kami makan malam bersama-sama di depan api unggun yang menjadi sumber penerangan di malam itu. Setelah makan malam, kami bermain game kelompok tebak rangkai kata. Permainan komunikasi ini dilakukan sebagai pembelajaran menyampaikan informasi yang baik dan benar kepada orang lain.

Selesai game, kami tidur. Kemudian shalat tahajud dan shalat subuh berjamaah. Setelah shalat subuh berjamaah, kami murajaah hafalan Al-Qur'an bersama-sama, kemudian bersiap olahraga pagi dan sarapan. Selesai sarapan, kami shalat dhuha kemudian bermain beberapa game kelompok. Karena menggunakan banyak properti, kami bersama-sama memunguti sampah properti sebelum akhirnya bersiap makan siang, kemudian pulang.

Alhamdulillah kegiatan camping kali ini bisa berjalan dengan lancar, semoga kegiatan lainnya bisa lebih baik lagi.

Penulis: Syafira Eka Nurdiah Fajarwati, M. Abdullah Alghifari. Foto: Tim Jurnalis Muda Al-amanah

Foto-foto Kegiatan

Kegiatan MTs

No events
©2017 al amanah Full Day & Boarding School | Lembang Bandung Barat. All Rights Reserved.