Berpetualang di SABUGA Bandung

Print

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Rabu, 7 Maret 2018 PG-TK IT al-amanah mengadakan out door learning ke Science Gallery & Dome Theatre SABUGA Bandung sebagai puncak pembelajaran dari Tema Alat Komunikasi. Semua peserta didik berkumpul di sekolah pukul 08.00 dimulai dengan dzikir pagi kemudian membaca do’a keluar rumah dan do’a naik kendaraan.

Setibanya di SABUGA kami langsung berkumpul dan mengatur posisi untuk melakukan foto bersama, kemudian menuju ruang science gallery dengan menggunakan lift secara bergantian karena ruangannya ada di lantai 4. Waaahh Ma Syaa alloh kesan pertama masuk ruang science gallery begitu menarik perhatian , peserta didik sangat ingin cepat berpetualang melihat,mengamati,dan juga mencoba alat-alat peraga yang unik, aneh, kali pertama dilihat dan tentunya sangat membuat penasaran. Di ruang science gallery ini kami diperbolehkan untuk mencoba semua alat peraga yang ada, kami begitu antusias dan langsung saja berkeliling sesuai kelompok untuk berpetualang melihat dan mencoba alat peraga yang ada, alat tersebut antara lain captured shadow, large kaleidoskop, trace the star, flow motion, jacob’s ladder, bicycle gyro, wire and buzzer, parabolic mirror, dan alat peraga lainnya. Ada satu alat peraga yang sangat disenangi peserta didik yaitu bottle lightning yang merupakan bola kaca yang didalamnya terdapat aliran listrik, apabila bola tersebut disentuh tangan maka tangan akan berfungsi sebagai suatu saluran listrik ke bumi oleh sebab itu lidah petir akan menuju ke arah dimana ujung jari itu terletak.Semua peserta didik sangat menikmati petualangan di science gallery ini, karena mereka bisa mendapat pengalaman dan pengetahuan baru mengenal alat-alat peraga science yang kali pertama dilihatnya.

Setelah berpetualang di ruang science gallery kegiatan selanjutnya menuju Ruang Dome Theatre, yang merupakan ruang teater tiga dimensi yang memiliki bentuk kubah dan hanya ada satu di Indonesia. Peserta didik antri masuk ke ruangan dengan ekspresi yang berbeda-beda, ada yang antusias sekali, ada yang mulai penasaran, dan ada juga lho yang takut masuk karena ruangannya agak sedikit gelap. Setelah semua antri masuk peserta didik langsung memilih tempat duduk dan siap menyaksikan teater tiga dimensi bertema 3 Musim. Jreng jreng jreng teater pun sudah mulai tayang, peserta didik langsung kaget dan ada yang bersorak sorai karena begitu senangnya , lantas membuat temannya yang lain langsung merasa terganggu dan ummu langsung memberi pengertian bahwa ketika menonton tidak boleh berisik. Peserta didik sangat menikmati teater 3 musim dengan layar bentuk kubah tiga dimensi ini seakan-akan kita mangalaminya langsung apa yang ditayangkan di film tersebut. Tak terasa 90 menit berlalu film pun selesai dan kami langsung keluar dari ruangan menuju lift untuk turun ke lantai bawah bersiap makan snack dan pulang menuju sekolah tercinta. Alhamdulillah kegiatan outdoor learning kali ini berjalan lancar semua peserta didik sangat senang mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang sangat beragam dan bisa diceritakan kepada abi/umminya di rumah nanti.

Foto-foto Kegiatan :