Playgroup - TKIT al amanah | Full Day School

Terakreditasi : B+

Aku Anak Berani, Mandiri dan Percaya Diri

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

          Menurut Erik Erikson, seorang ahli psikologi dari Jerman menyebutkan bahwa perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun berada pada tahapan initiative vs guilt (inisiatif vs bersalah). Pada masa ini anak akan mulai menunjukkan rasa ingin lepas dari ikatan orang tua, mereka ingin bergerak dengan bebas dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Keinginan mereka lepas dari orang tua inilah yang membuat munculnya rasa inisiatif dalam diri mereka karena mereka mendapatkan sambutan yang baik namun juga bisa menimbulkan rasa bersalah jika anak mengalami penolakan dari lingkungan dan akan membuat anak merasa takut sehingga selalu bergantung pada orang lain. Untuk memfasilitasi anak dalam tahapan ini, maka TK IT Al-amanah mengadakan kegiatan “Bermalam bersama Ummu”, kegiatan ini merupakan puncak pembelajaran dari tema rekreasi yang bertujuan untuk menumbuhkan keberanian,kemandirian dan rasa percaya diri pada anak.

Kamis, 17 Januari 2019 peserta didik TK IT Al-amanah sudah berkumpul di sekolah tercinta, peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan bermalam bersama ummu. Semua peserta didik belajar menyiapkan kebutuhannya secara mandiri mulai dari melakukan persiapan bermalam seperti mandi sore,ganti baju dan juga mencek perlengkapan pribadi. Setelah itu semua peserta didik berkumpul di panggung lalu ummu ai menginformasikan peraturan kegiatan bermalam dan memotivasi peserta didik dengan yel-yel “Aku Anak Berani, Aku Anak Mandiri, Aku Anak Percaya diri” TK IT al-amanah Cerdas,Taqwa,Kreatif,Mandiri.

Dinginnya udara lembang menemani peserta didik yang tetap semangat muroja’ah hapalan surat Juz 30 dan dzikir sore dilanjutkan dengan shalat maghrib berjama’ah dan makan malam bersama. Pukul 19.00 peserta didik melakukan shalat isya berjama’ah,dzikir sesudah shalat,lalu berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti acara puncak yaitu kebersamaan dan tampil berani membawakan syair-syair sederhana dan membacakan Q.S. Al-Lail dengan ditemani hangatnya api unggun. Peserta didik begitu antusias melihat api unggun kali pertama namun ada juga yang ketakutan melihat api unggun karena kaget. Lalu ummu fakhri menginformasikan peraturan ketika acara api unggun, ummu menginformasikan agar peserta didik duduk rapih dikursinya dan bermain dengan aman, lalu setiap kelompok tampil berani menampilkan kreasi nya diatas panggung halaman sekolah, setelah tampil berani selanjutnya ummu inu menjelaskan adab-adab sebelum tidur Ma syaa alloh peserta didik sangat tertib dan semangat ingin segera tidur malam karena kelelahan sudah mengikuti kegiatan. Satu persatu peserta didik antri menggosok gigi dan BAK ke kamar mandi lalu masuk ke kelasnya masing-masing untuk berdo’a dan dzikir sebelum tidur, setelah itu tidak lama kemudian peserta didik langsung terlelap tidur, 90 % dari yang ikut bermalam ma syaa alloh sangat mandiri, berani, tidak ada yang mengeluh atau menangis ingin pulang ke rumahnya. Malam pun semakin larut ditemani alunan murottal yang merdu membuat suasana menjadi sunyi dan mata semakin terlelap tidur.

Allohu Akbar Allohu Akbar terdengar kumandang adzan subuh di pagi hari, peserta didik pun tak susah di bangunkan, satu persatu belajar melipat selimutnya sendiri kemudian berwudhu dan shalat subuh berjama’ah. Setelah shalat subuh peserta didik berkumpul dan berbagi makanan sehat dan buah lalu berdo’a dan dzikir pagi kemudian olahraga dilapang seskoau. Ma syaa alloh pemandangan pagi hari terlihat begitu indah membuat peserta didik semakin semangat berolahraga dan senam pagi, setelah olahraga peserta didik antri untuk mandi dan membereskan perlengkapan pribadinya karena sebentar lagi akan pulang dan dijemput oleh orang tua. Setelah itu, peserta didik sarapan pagi dengan menu bubur ayam yang luar biasa ladzidz jiddan sampai ada yang nambah 3 kali. Pukul 09.00 pagi orang tua mulai berdatangan untuk menjemput putra putrinya yang sudah berani,mandiri dan percaya diri mengikuti kegiatan bermalam bersama ummu, pelukan hangat penuh kasih sayang merupakan apresiasi terbesar dari orang tua, adapun reward dari sekolah tentunya kalimat thoyyibah "Barokallohu fiik" ,pelukan kasih sayang dari ummu-ummu dan peserta didik juga mendapatkan bingkisan snack sederhana. Alhamdulillah kegiatan bermalam bersama ummu di sekolah TK IT Al-amanah berjalan dengan lancar, kami sangat bersyukur atas nikmat yang telah alloh berikan semoga dengan adanya kegiatan ini peserta didik TK IT Al-amanah tambah berani, mandiri dan percaya diri. Aamin Yaa Robbal’aalamin.

Foto-foto Kegiatan :

 

Kegiatan PG TKIT

No events
©2019 al amanah Full Day & Boarding School | Lembang Bandung Barat. design by passpud.com All Rights Reserved.

Search