SDIT al amanah | Islamic Fullday School

Terakreditasi : A

Program SDIT al amanah

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Program Sekolah

Pembiasaan Dzikir pagi petang

Pembiasaan Tilawah Al Quran dan Murojaah hafalan Quran

Pembiasaan sholat berjamaah

Pembiasan sholat sunnah (rawatib, dhuha, tahiyatul masjid, syukur wudhu, dsb)

Pembiasaan shaum sunnah (senin kamis, dawud, ayyamul bidh, dsb)

Pembiasaan pengamalan adab-adab islami sesuai dengan sunnah Rosululloh sholallohu’alaihi wasallam

Pengenalan siroh nabawiyah

Pembelajaran dengan pendekatan Scientific Approach

Kegiatan di luar / outdoor learning sebagai penunjang pembelajaran (Kunjungan ilmiah, kunjungan sosial, rihlah/ hiking, berenang, outbound, camping)

Pengembangan diri / Life skill (Entrepreneurship, cooking class, painting, jurnalistik, Pramuka)

Program bahasa (Inggris, Arab)


KEGIATAN KBM

Kegiatan pembelajaran di al-amanah diawali dengan kegiatan pagi. Diantaranya kegiatan solat Dhuha, Muroja’ah dan tilawah Al-quran, serta menyimak tausiyah pagi di Mesj’id Abu Bakar Ash-Shidiq (masjid sekolah). Kegiatan pagi ini rutin dilaksanakan setiap hari, dengan nama kegiatan “Nutrisi Ruhiyah Pagi”, yang diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 4, 5 dan 6 SDIT Al-amanah, Mts dan MA Al-quran al-amanah, beserta guru dan karyawan. Tausiyah disampaikan oleh ustadz-ustadz yang merupakan tenaga pendidik di al-amanah. Kegiatan pagi dilanjutkan dengan dzikir pagi yang dibimbing langsung oleh guru kelas, di kelas masing-masing.

Kegiatan KBM dilaksanakan selama 8-9 jam pelajaran setiap harinya yang di bagi menjadi 4 waktu jeda (istirahat). Adapun rincian kegiatan KBM sebagai berikut :

- 08.00 WIB – 09.45 WIB: kegiatan KBM pertama terdiri dari mata pelajaran umum dan diniyyah.

- 09.45 WIB – 10.20 WIB : kegiatan snack pagi dan waktu istirahat bagi peserta didik. Dalam kegiatan snack pagi seluruh peserta didik berada di Mat’am dan melaksanakan snack pagi bersama dengan bimbingan dari Ummu dan ustadz. Dalam kegiatan snack pagi, peserta didik diberi pijakan dan pelajaran adab-adab makan berdasarkan Sunnah.

- 10.20 WIB – 11. 30 WIB : kegiatan KBM kedua terdiri dari mata pelajaran umum dan diniyyah.

- 11.30 WIB – 13.10 WIB : kegiatan persiapan solat dzuhur, solat dzuhur, makan siang dan pembiasaan setelah makan siang. Dalam kegiatan makan siang, berbeda dengan kegiatan snack pagi. Kegiatan makan siang untuk ikhwan dilaksanakan di Mat’am dengan bimbingan adab-adab makan dari ustadz. Sementara untuk akhwat dilaksanakan di kelas masing-masing dengan bimbingan dari Ummu yang bertanggung jawab di kelas. Pembiasaan dalam kegiatan makan siang diantaranya mencuci piring secara bergantian sesuai dengan jadwal dan mengambil makanan secara mandiri ataupun dengan bantuan Ummu dan Ustadz dengan konsep buffet. Setelah kegiatan makan siang peserta didik mendapatkan waktu untuk istirahat dan bermain.

- 13.10 WIB – 14. 10 WIB : kegiatan KBM ke tiga terdiri dari mata pelajaran umum dan diniyyah.

- 14.10 WIB – 15.20 WIB      : kegiatan KBM ke empat terdiri dari mata pelajaran umum dan diniyyah.

Kegiatan tahfidz Al-quran terfokus sebagai kegiatan pembelajaran dan masuk kedalam waktu efektif belajar. Yang merupakan target dan program unggulan di al-amanah.

- 15.20 WIB – 16.00 WIB : kegiatan persiapan solat ashar, solat ashar, dzikir sore dan penutupan kelas. Kegiatan solat ashar bagi peserta didik kelas 3, 4, 5 dan 6 di Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq. Kegiatan dzikir sore dan penutupan kelas di kelas masing-masing dengan bimbingan dari guru kelas.


PROGRAM UNGGULAN

PROGRAM TAHFIDZ

Program tahfidz yang dilaksanakan di al-amanah merupakan bagian dari pembelajaran inti, dan masuk ke dalam jam pembelajaran. Tahfidz dalam bimbingan Ummu dan Ustadz yang telah mendapatkan lisensi tahfidz secara formal. Dengan kompetensi hafalan dan tahsin yang memadai. Hafalan anak disesuaikan dengan kemampuan dan targetan setiap peserta didik.

MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT

Makanan yang disediakan di sekolah adalah makanan sehat dan aman. Sebab tidak menggunakan MSG, dan semua pengolahannya dilakukan di sekolah oleh karyawan yang berpengalaman dalam pengolahan bahan makanan. Karyawan yang bertanggung jawab dalam menyediakan makanan untuk peserta didik, mendapatkan pelatihan di setiap tahunnya. Untuk menjaga kualitas dan konsistensi selama membuat makanan yang aman dan sehat untuk peserta didik.

KANTIN SEHAT

Kantin yang berada di dalam lingkungan sekolah, merupakan kantin yang sehat. Sebab jenis jajanan yang di jual di sekolah merupakan jajanan hasil produksi rumahan. Yang di buat dan dikelola oleh penjaga kantin, guru dan tetangga lingkungan sekolah yang telah terpercaya kualitasnya, berdasarkan standarisasi sekolah.


KEGIATAN TAHUNAN

Kegiatan tahunan di al-amanah terdiri dari kegiatan outdoor yang dilaksanakan selama satu tahun pembelajaran. Terdiri atas dua semester pembelajaran, diantaranya :

Kunjungan Ilmiah

Kunjungan ilmiah dilaksanakan dengan mengunjungi tempat-tempat edukatif seperti museum, percetakan Al-quran, dan lain-lain. Dilaksanakan satu kali setiap tahunnya.

Berkemah

Berkemah dilaksanakan di alam terbuka, namun tetap mengutamakan SOP keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi peserta didik. Dilaksanakan satu kali setiap tahunnya.

Berenang

Kegiatan berenang dilaksanakan di tempat berenang yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Dengan teknis kegiatan berenang di pisah antara peserta didik ikhwan dan akhwat. Dengan bimbingan dari Ummu dan Ustadz yang berkompeten di kegiatan berenang. Dilaksanakan dua kali dalam setiap tahunnya.

Pekan Kreatifitas Siswa

Kegiatan PKS dilaksanakan dua kali dalam setahun setelah selesai kegiatan UAS. Kegiatan PKS diisi dengan kegiatan yang mengutamakan kinestetik dan keterampilan dari peserta didik. Dilaksanakan dua kali setiap tahunnya.

Kunjungan Sosial

Kunjungan sosial dilaksanakan dalam rangka memberika pengalaman kepada peserta didik tentang arti berbagi dan bersyukur. Dilaksanakan pada masyarakat sekitar sekolah. Dilaksanakan satu kali setiap tahunnya.

Rihlah

Rihlah merupakan kegiatan jalan-jalan yang bertujuan untuk mengajak peserta didik melakukan tadabur alam. Dilaksanakan di tempat wisata alam atau lingkungan sekita sekolah. Dilaksanakan dua kali setiap tahunnya.

 


 

Search